Sabtu, 20 Februari 2016

Contoh Kasus Manajemen Operasi

Posted By: Rifki Bakhtiar - 2/20/2016
contoh soal kasus manajemen operasi
Melalui contoh kasus ini, bahterashare.com akan menjelaskan mengenai kasus- kasus yang dipelajari dalam Manajemen Operasi. Penulis merasa bahwa materi- materi ini cukup penting dan diharapkan dapat membantu mamahamkan dan memecahkan permasalahan yang terjadi.

1. Pada kasus point pertama, akan membahas mengenai strategi keunggulan bersaing PT. Unilever untuk bersaing dengan rivalnya yakni (P&G) dan memaparkan bagaimana keputusan-keputusan manajemen operasi dalam menghasilkan keunggulan bersaing.

2. Dalam setiap bisnis pasti berusaha ingin mengetahui bagaimana keberlanjutan kondisi bisnisnya di masa depan. Untuk itu dilakukanlah peramalan. Dalam melihat keakuratan peramalan, maka dihitunglah penilaian standar deviasi dengan metode MAD, MSE, dan MAPE. Pada contoh studi kasus ini dipakai standar deviasi SD: 0,10 dan 0,50. Permisalan yang digunakan untuk kasus ini yakni peramalan penjualan member Midi Card/ Kartu PONTA yang dikeluarkan oleh PT Midi Utama Indonesia.

3. Permisalan kasus berikutnya yakni pemilihan lokasi pabrik yang dibangun oleh Alfamart (salah satu minimarket terbanyak di Indonesia selain Indomaret). Perusahaan tersebut telah mengembangkan sayap operasinya hampir diseluruh Indonesia kecuali KalimantanArea cabang yang digunakan sebagai bahan pengujian perbandingan lokasi Distribution Center yang cocok dan sesuai antara lain wilayah Banjarmasin, Pontianak, Samarinda. Dengan merinci faktor-faktor bagi setiap pemilihan lokasi gudang distribution center cabang yang baru, maka akan dipilih lokasi manakah yang paling menguntungkan untuk dibuka cabang baru.

4. PT. Unilever telah mencoba memforcasting/ meramalkan 2 produk sabun mandi men soap: Vaseline Body Wash dan Lifebuoy Body Wash. Melalui pengaturan tingkat inventory (persediaan), maka akan dilakukan agregat product planning /perencanaan produksi agregat. Kasus ini akan membandingkan keputusan apa yang harus diambil oleh Unilever terhadap kedua produknya.

5. Contoh kasus ini akan menjelaskan kinerja rantai pasokan dari masing- masing distribution center. Permisalan cabang distributor yang digunakan di PT Midi Utama Indonesia adalah pada DC Bitung dan Jababeka Bekasi. Informasi yang diperlukan adalah Aset akhir tahun, persediaan awal tahun, persediaan awal tahun, biaya tahunan barang yang terjual. Djoko Susanto sebagai owner dan pemilik saham terbesar melalu perusahaan investasinya ingin mengevaluasi performance supply chain (rantai pasokan) dengan menghitung prosentase harta/ aset dalam inventory (persediaan), inventory turnover (perputaran persediaan), dan lama pasokannya, perputaran persediaan, dan lama pasokannya.

6. Contoh kasus yang terakhir adalah menghitung jumlah optimal per unit per pesanan. Contoh yang digunakan adalah PT Unilever dan P&G. Informasi dalam kasus ini adalah jumlah permintaan tahunan, biaya pesananm dan biaya penyimpanan per unit per tahun.



Author: Rifki Bakhtiar
Editor: Bahterashare .Com

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Templates Designed by: Templatezy / Sb Game Hacker Apk